Follow Us @soratemplates

Sabtu, 14 Agustus 2021

Memahami Masalah Bersama Tim - Materi 3 Bunda Salihah


Tiba saatnya di materi ke-3 kelas Bunda Saliha yaitu memahami masalah bersama tim. Selama dua pekan kita diskusi bersama tim, diawali dengan menggali kembali problem statement masing-masing lalu diangkat menjadi problem statement tim. Seperti yang sudah saya tuliskan di jurnal materi 2, concern tim kami bukan untuk menghilangkan screen time pada anak, hanya saja meminimalisir screen time dan bijak dalam menggunakan gadget. Lalu setelah berdiskusi bersama, kami memutuskan akan menyelesaikan masalah Screen Time Pada Anak Usia 3 - 14 Tahun. 

Setelah itu kami berdiskusi lebih dalam untuk menyelami kembali apa akar masalah dari Screen Time Pada Anak Usia 3 - 14 Tahun ini. 

HOW

1️⃣ Bagaimana dampak yang terjadi ketika anak over screen time?

tantrum jika tdk diberi gadget, selalu ingin main hp/nntn tv, menghabiskan waktu berselancar, tdk fokus belajar, meniru perilaku yg ada di konten, percaya berita hoaks

2️⃣ Bagaimana awal mula anak2 mulai menyukai gadget?

orang tua memberikan contoh tidak lepas dari gadget, orang tua tidak paham tahap perkembangan anak sehingga tidak tau apa saja yg harus di stimulasi tumbuh kembangnya, orang tua lebih senang anaknya tenang dibanding menganggu aktivitasnya

3️⃣ Bagaimana jika orangtua dalam pekerjaannya lebih sering memerlukan penggunaan HP?

Pastikan penggunaan hp betul2 untuk pekerjaan. Berikan pengertian pada anak. Dan buatlah managemen gadget nya.

4️⃣ Bagaimana cara mengurangi ketergantungan anak pada TV atau HP?

Main bareng, ngobrol bareng, aktivitas bareng

5️⃣ Bagaimana over screen time dapat mempengaruhi perilaku pada anak ? 

1. Anak yang sering berinteraksi dengan gadget akan fokus ke gadgetnya saja sehingga anak bisa acuh pada dunia di luar gadget selain itu bisa mengurangi rasa simpati dan empati anak yang nantinya bisa mempengaruhi perilaku anak

2. Stimulasi berlebih dari gadget (hp, internet, tv, ipad, dll) pada otak anak yang sedang berkembang, dapat menyebabkan keterlambatan koginitif, gangguan dalam proses belajar, tantrum, meningkatkan sifat impulsif, serta menurunnya kemampuan anak untuk mandiri.

6️⃣ Bagaimana sebaiknya sikap kita sebagai orang tua saat mendapati anak yg sudah over screen time?

1. Bersikap tegas dan tega dalam arti memang emang harus ketat ga diberi kelonggaran, diberikan gadget jika sudah ada ortu yg mendampingi atau bersama

2. Perkuat kembali bonding, banyak beraktivitas bersama

3. Buat kesepakatan dengan anak tentang screen time beserta reward & konsekuensi yang akan diterima

WHERE

1️⃣ Dimana mslh itu terjadi??

Di rumah (tv), dimana saja ketika melihat HP, laptop

2️⃣ Dimana sebaiknya anak menggunakan screen time nya?

di ruang belajar (bukan di kamar), kalau tidak ada ruang belajar, bisa di ruang keluarga spya ttp bisa dipantau dan sesekali didampingi

3️⃣ Dimana biasanya orangtua berada saat anak asik dengan over screen time nya?

di luar rumah, saat orang tua bekerja dan di awal tidak ada kesepakatan dengan anak terkait screen time ini. Di rumah, tapi sibuk dengan diri sendiri/rutinitas

WHAT

1️⃣ Apa sajakah masalah yg timbul dari screentime anak saya?

Tantrum, lbh menyukai hal yg instan, tdk fokus belajar, malas melakukan hal lain. Secara fisik, obesitas dan gangguan pada mata

2️⃣ Apa yang membuat bermain gadget ini lebih menarik untuk anak2

serupa dengan jawaban di kenapa

3️⃣ Apa saja yang biasanya diakses anak dari gadget ?

Semua bisa diakses dari gadget, tergantung pembatasan channel dari orang tua atau kesepakatan keluarga

4️⃣ Apa yang dimaksud dengan screen time?

waktu yang dihabiskan untuk menggunakan layar komputer, menonton televisi, ataupun bermain gawai.

5️⃣ Apa yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi permasalahan ini?

▪️mencari tahu bagaimana mengatasinya

▪️menyediakan alternative kegiatan

▪️mendampingi dan membatasi kegiatan gadget anak

▪️mendisukusikan bersama anak mengenai penggunaan gadget yg aman

6️⃣Apa yang membuat orang tua tidak mau membatasi penggunaan gadget untuk anak?

WHEN

1️⃣ Kapan screen time menjadi masalah bagi keluarga? 

ketika aktivitas lbh banyak d rumah Krn pandemi

ketika orang tua tidak bisa menemani/tidak fokus menemani anak krn berbagi waktu dengan pekerjaan.

2️⃣ Kapan anak boleh screen time?

2 - 3 thn 30 menit/hari, 3 - 5 thn 1 jam/hari, >5thn tidak lebih dari 2 jam/hari

Menurut WHO anak usia >6 tahun gak ada waktu yg spesifik, tapi sebaiknya ortu memberikan batasan waktu screen time yg konsisten untuk anak 

3️⃣ Kapan waktu yang tepat memberikan screen time pada anak?

diatas 24 bulan

▪️waktu yg tepat memberikan screen time sesuai kebutuhan, bisa merujuk pada rujukan APA (American pediatrics association) atau rekomendasi WHO

WHO

1️⃣ Siapa saja yg terlibat dalam masalah screen time pada anak? Ortu,anak, saudara, teman sepermainan

2️⃣ Siapa yang berpengaruh besar terhadap penggunaan screen time ini?

kendali dan otoritas orang tua

lingkungan sosial

3️⃣ Siapa yang bisa membantu memberikan solusi saat anak sudah over screen time?

ahli psikologi, mentor parenting, ahli literasi digital

4️⃣siapa saja yang dapat diajak kerjasama untuk mengatasi permasalahan ini?

sinergi dan kolaborasi antara orangtua, masyarakat, sekolah (guru), Swasta, dan pemerintah

WHY

1️⃣ Mengapa anak saya suka over screentime? krn gadget menarik.

1.1 Mengapa menarik? Krn semua orang memilikinya/ memakainya, krn penasaran, krn bermain gadget menyenangkan, Krn tidak ada stimulasi ide bermain yg lain

1.2 Mengapa menyenangkan?? 

Krn bisa main game, karena banyak pilihan video yg menarik dan kontennya update/saling menyambung, Krn bisa santai

2️⃣ Mengapa screen time pada anak ini perlu dibatasi?

Krn berlama-lama menatap layar bisa menghambat perkembangan kecerdasan anak

2.1 Mengapa berlama-lama menatap layar bisa menghambat perkembangan kecerdasan anak? 

Krn anak menjadi tidak aktif bergerak alias mager

2.2 Mengapa anak menjadi tidak aktif bergerak alias mager? 

Krn anak lebih fokus menatap layar (TV, gawai, media digital lainnya)

2.3 Mengapa anak lebih fokus menatap layar (TV, gawai, media digital lainnya)?

Krn tampilan/tayangan yang ada pada layar lebih menarik daripada aktivitas lainnya. 

2.4 Mengapa tampilan/tayangan yang ada pada layar lebih menarik daripada aktivitas lainnya? 

Krn orang tua tidak memberikan aktivitas variatif yang menarik untuk dilakukan bersama anak.

2.5 Mengapa orang tua tidak memberikan aktivitas variatif yang menarik untuk dilakukan bersama anak? 

✅ Krn orang tua kehabisan ide permainan bersama anak. 

✅ Karena orangtua memiliki tantangan manajemen waktu, sehingga kurang bisa membersamai anak dalam beraktivitas bersama

3️⃣ Mengapa orang tua cenderung abai dengan masalah over screen time pada anak ini? 

Krn orang tua menganggap screen time adalah solusi terbaik supaya anak tidak rewel/pecicilan.

Krn masih banyak orangtua yang belum menyadari berbagai dampak negatif overscreen time

3.1 Mengapa orang tua menganggap screen time adalah solusi terbaik supaya anak tidak rewel/pecicilan? 

Krn orangtua tidak perlu ikut terlibat langsung berinteraksi dengan anak saat screen time. 

3.2 Mengapa orangtua tidak perlu ikut terlibat langsung berinteraksi dengan anak saat screen time? 

Krn saat anak screen time, orang tua bisa leluasa mengerjakan to do list domestik maupun publik. 

3.3 Mengapa saat anak screen time, orang tua bisa leluasa mengerjakan to do list domestik maupun publik?

Krn anak sudah pandai menggunakan layar (TV, gawai, media digital lainnya) tanpa pendampingan.

3.4 Mengapa anak sudah pandai menggunakan layar (TV, gawai, media digital lainnya) tanpa pendampingan?

Krn anak sudah terbiasa/dibiasakan untuk menggunakannya.

3.5 Mengapa anak sudah terbiasa/dibiasakan untuk menggunakan layar (TV, gawai, media digital lainnya)? 

Krn orangtua setiap saat memberikan keleluasaan untuk anak bisa mengakses/menggunakannya.

3.6 mengapa msh bnyk ortu yg membiarkan anak overscreen time

▪️krn terbatasnya pengetahuan orangtua mengenai penggunaan gadget secara bijak

▪️krn terbatasnya keterampilan ortu dalam pendampingan penggunaan gadget pada anak

▪️krn kurangnya keterampilan ortu dalam membersamai/ menyediakan alternatif aktivitas untuk anak

4️⃣ mengapa hal ini menjadi masalah?

▪️karena mempengaruhi kualitas hidup anak (kesehatan, pendidikan dan perkembangan)

▪️karena mempengaruhi kualitas hubungan anak dengan lingkungan dan keluarga

▪️jika dibiarkan dpt mengarah pd dampak fisik, sosial, psikologis dst

5️⃣mengapa hal ini perlu diatasi?

▪️untuk mengembalikan fitrah anak, bermain secara fisik, belajar dgn antusias, bersosialisasi dgn teman dan keluarga tanpa terikat gadget

▪️untuk meningkatkan kualitas hidup anak dan keluarga

Dan berdasarkan data www.sdg2030indonesia.org masalah yang kami usung ternyata masuk ke salah satu permasalahan yang di hadapi oleh dunia yaitu "Pendidikan yang berkualitas dan setara"


Dan inilah jurnal tim kami klik 👉 Daily Fun Team mau baca versi ebook nya? bisa klik disini yaa..


#materi3

#memahamimasalahbersamatim

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#semestaberkaryauntukindonesia

#ibuprofesionaluntukindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi - A Home Team

Dagdigdug menanti pengumuman kelulusan, setelah pekan kemarin zoom terakhir gabungan di kelas A Home Team bareng Ibu Septi, Masha Allah tera...